Kamis, 14 Juli 2011

Apa itu BSOD



Agan2 yg paham di dunia komputer pasti gak asing lagi dengan BSOD,, saya ada sedikit informasi mengenai BSOD..

BSOD (Blue Screen Of Death) merupakan suatu kondisi dimana suatu komponen atau system mengalami crash /stop yang ditandai dengan muncul tampilan berwarna biru yang disertai dengan code2 tertentu, Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.[1] Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Berikut ini saya kasih contoh kode2 yang muncul ketika BSOD
  1. Attempted Write To Readonly Memory (stop code 0X000000BE) Biasanya masalah ini disebabkan adanya kesalahan pada driver atau service. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Dan cari driver yang sesuai dengan Operating System-nya.
  2. Bad Pool Caller (stop code 0X000000C2) Penyebab masalah ini mirip dengan masalah “Attempted Write To Readonly Memory,” di atas. Selain itu error ini juga dapat disebabkan oleh hardware yang rusak/cacat. Apabila masalah ini muncul ketika sedang melakukan upgrade Windows, itu dapat disebabkan adanya hardware yang tidak kompatibel dengan Windows. Coba lepas hardware yang bermasalah atau cari driver yang sesuai untuk Windwos-nya.
  3. Data Bus Error (stop code 0X0000002E) Masalah ini biasanya disebabkan karena ada kerusakan/cacat pada hardware, biasanya adalah memory. Selain cacat pada memory bisa juga karena kerusakan motherboard, harddisk, ganti hardwarenya…
  4. Driver IRQL Not Less Or Equal (stop code 0X000000D1) Disebabkan drivers mengakses hardware address yang tidak sesuai. Bisa juga disebabkan karena masalah seperti pada “Attempted Write To Readonly Memory,” di atas. Lihat masalah “Attempted Write To Readonly Memory” di atas.
  5. Driver Power State Failure (stop code 0X0000009F) Disebabkan tidak cocok/kompatibel antara “computer’s power management” dengan driver atau services yang berjalan. Biasa terjadi pada saat komputer melakukan “hibernasi”. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Atau coba mendisable “Windows’ support for power management”.
Bersambung ke post selanjutnya Macam-macam BSOD

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes