Jumat, 29 Juli 2011

Netbook dengan Dua Chip Celeron Intel




Intel baru saja mengapalkan dua prosesor Celeron berdaya listrik rendah sebagai bagian dari line-up Sandy Bridge perusahaan untuk laptop-laptop murah. Yang pertama adalah prosesor Intel dual-core Celeron 857 dengan kecepatan 1,2GHz dan memori RAM sebesar 2MB. Harga yang dibandrol adalah 134 dolar perseribu unit pemesanan. Sedangkan yang kedua adalah prosesor single-core Celeron 787 dengan kecepatan 1,3GHz, memori RAM 1,5MB, dan dihargai 107 dolar. Kedua prosesor tersebut memiliki kartu grafis bawaan dan total memakan daya sebesar 17 watt.

Selama ini chip Celeron memang digunakan Intel untuk kelas pemula dimana cocok dipasangkan pada laptop-laptop berbudget minim (hingga 400 dolar / 3 jutaan) untuk kebutuhan office dan browsing internet dasar. Kompetitor dari chip Celeron Intel ini tidak lain tidak bukan adalah buatan AMD yakni seri E dan seri C. CEO Intel Paul Otellini minggu lalu mengatakan kalau chip berbasis Sandy Bridge seperti Pentium dan Celeron akan dirilis penuh pada semester kedua tahun ini.

Dengan pengapalan prosesor baru Intel ini berarti kelas netbook akan kedatangan chip baru sebagai penyegaran dari netbook-netbook dengan chip lama. Meski demikian, sebagai chip berfritur dasar, Celeron memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah grafis yang tidak terlalu bagus, tidak ada fitur Turbo Boost untuk meningkatkan kecepatan maksimal prosesor, dan teknologi Quick Sync.

Mampukah netbook dengan chip baru ini bersaing di pasaran tablet sebagai produk dengan kemampuan komputasi dasar dan mobilitas yang tinggi ?

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes