Senin, 16 Maret 2009

6 Perusahaan yang semestinya dibeli oleh Google saat ini


Google semakin hari semakin berkembang dan menggurita. Semua sisi informasi dari para pengguna internet sepertinya tidak lepas dari Google. Coba lihat Youtube yang dibeli oleh Google dan kini menjadi penguasa situs berbagi video online, juga dengan Blogger yang menjadi salah satu situs blogging besar.

Dengan segala 'kebesaran' yang dimiliki oleh Google sekarang ini apakah masih ada website-website lainnya yang potensial untuk dibeli oleh Google guna makin mengukuhkan dirinya sebagai penguasa informasi di dunia maya?

Berikut ini adalah 6 perusahaan online yang saat ini sedang berjaya dan sangat potensial untuk dibeli oleh Google :


1. StumbleUpon

Pada tahun 2007 eBay membeli StumbleUpon seharga $75 juta. Dan pada akhir tahun 2008 beredar rumor bahwa eBay sedang mencarikan pembeli untuk StumbleUpon, ini dikarenakan eBay bingung akan diapakan website StumbleUpon dengan jumlah pengunjung yang semakin berkurang.

Tapi StumbleUpon masih menjadi situs yang penting dengan 7.2 juta pengunjung yang saling memberikan informasi yang menarik kepada sesama anggotanya. StumbleUpon bekerja berbeda dengan Google, Google akan membantu kita menemukan apa yang kita cari tapi StumbleUpon akan menemukan apa yang kita sendiri tidak tahu apa yang kita cari.

2. Twitter

Salah satu situs micro-blogging yang cukup populer saat ini. Seandainya dibeli oleh Google yang menguasai mesin pencari maka akan didapat sebuah perpaduan yang cukup 'dahsyat' dimana kemampuan mesin pencari dan micro-blogging akan didapatkan oleh para penggunanya.

Twitter pernah akan dibeli oleh Facebook senilai $500 juta tapi kesepakatan itu gagal dan sampai saat ini Twitter masih sendiri.

3. Valve

Saat ini dan kemungkinan beberapa tahun lagi game online akan menjadi tren bagi para gamer di dunia. Perkembangan internet yang begitu cepat dan sangat luas memang membuat perkembangan game online pun semakin semarak dan jika Google ingin melebarkan sayapnya di dunia game online maka membeli Valve Software adalah suatu langkah yang berani.

Valve Software adalah pembuat game Half-Life 2 dan Counter Strike. Pada bulan September tahun kemarin banyak pihak memperkirakan Google akan membeli Valve Software tapi ternyata itu tidak terealisasi. Hal ini bukan berarti Google tidak akan membeli tapi mengingat pasar game yang cukup besar ada kemungkinan Google pun akan melirik kembali Valve Software.

4. FriendFeed

4 pendiri FriendFeed cukup mengenal Google dengan baik karena mereka adalah mantan pegawai Google yang merancang dan meluncurkan produk diantaranya adalah Google Maps, Gmail dan Google Groups.

Layanan yang ditawarkan oleh FriendFeed sering digambarkan sebagai Google-nya jejaring sosial karena disana anda dapat mem-publish apapun, berkomunikasi dengan orang lain, dapat digunakan seperti Twitter dan juga dapat menggunakannya sebagai mesin pencari.

5. WordPress

Meskipun Google sudah memiliki Blogger tapi banyak orang yang cenderung untuk memilih WordPress sebagai media blog mereka. Fitur-fiturnya yang banyak dan lengkap membuat para blogger memilih WordPress sebagai media mereka menyalurkan hobig nge-blog-nya.

Dengan 4.5 juta blog di WordPress.com dan 5.6 juta pengguna aktif di WordPress.org akan sangat menjanjikan untuk Google, ditambah lagi menurut pihak WordPress lebih dari 200 juta orang mengunjungi satu atau lebih blog di WordPress.com setiap bulannya.

6. Last.fm

Google membeli Youtube untuk memperkuat posisinya di pencarian video - akuisisinya itu sendiri ditujukan untuk pencarian dan mentargetkan para pemasang iklan bukan kontennya - dan Last.fm seandainya dibeli oleh Google maka akan memperkuat posisinya di pencarian musik.

Masalah yang ada mungkin pada pemilik Last.fm, sang raksasa media CBS. CBS membeli Last.fm pada tahun 2007 seharga $280 juta, ketika itu Last.fm masih memiliki 15 juta pendengar tapi kini diperkirakan meningkat tajam dengan 21 juta pendengar rutin dan diperkirakan 19 juta lainnya mendengarkan melalui widget atau aplikasi.

dikutip dari erakomputer

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes