Kamis, 29 Oktober 2009

Lima hal yang perlu kita ketahui tentang mengupgrade Windows XP ke Windows 7


Sekarang Windows 7 sudah dirilis tapi masih banyak pengguna Windows XP di dunia yang tetap berpegang teguh untuk menggunakannya. Berpindah atau upgrade sistem operasi memang bukan perkara yang disukai oleh para pengguna komputer karena selain harus merogoh kocek juga kita harus dipusingkan dengan kompatibilitas sistem operasi lama dan baru serta segudang masalah teknis lainnya. Begitu juga ketika sekarang ini Windows 7 sudah dirilis lalu bagaimana dengan mereka yang menggunakan versi Windows sebelumnya?

Bagi mereka yang menggunakan Windows Vista kali ini tidak akan menghadapi banyak masalah jika harus mengupgrade ke Windows 7 tapi bagi para pengguna Windows XP baru akan menemui beberapa masalah.

Di bawah ini ada 5 hal yang kita mesti perhatikan saat ingin mengupgrade dari Windows XP ke Windows 7.

1. Kita tidak dapat mengupgradenya secara langsung

Sayangnya Microsoft belum menyiapkan Windows 7 kemampuan untuk bisa diupgrade langsung dari Windows XP. Hal ini karena begitu banyak perubahan yang terjadi antara Windows XP dan Windows 7 mulai dari kernelnya itu sendiri, Registry, driver, dll. Oleh karena itu kita mesti menginstalnya dari nol (fresh install)


2. Atau mungkin kita bisa mengupgradenya langsung?

Meskipun kita tidak bisa mengupgradenya langsung tapi ada celah yang bisa dimanfaatkan yaitu mengupgradenya dua kali, pertama mengupgrade ke Windows Vista dan lalu ke Windows 7. Asyiknya lagi kemungkinan tidak memerlukan Windows Vista yang berlisensi karena kita tidak perlu melakukan aktivasi, cukup sekedar menginstalnya saja.



3. Windows 7 Upgrade Advisor

Jika kita memiliki printer yang sudah lama sekali mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk menemukan driver agar printer tersebut dapat berjalan di Windows 7 dan untuk itulah Microsoft menyediakan sebuah tool yang disebut Windows 7 Upgrade Advisor yang akan men-scan hardware dan software yang kita miliki dan mengenali masalah apa yang kemungkinan dihadapi. Tool ini juga menyediakan bimbingan bagaimana memecahkan masalah tersebut.



4. Windows 7 Easy Transfer

Sebuah tool yang disediakan oleh Windows 7 agar pengguna dapat membackup data dan preferensi mereka. File aktualnya adalah migwiz.exe. Kita dapat menemukan file ini di DVD Windows 7 di Support\Migwiz. Pertama-tama jalankan file ini di sistem Windows XP yang sekarang untuk memindahkan profil pengguna ke media penyimpanan luar. Setelah menginstal Windows 7 jalankan kembali file ini untuk kembali mengimpor profil pengguna ke Windows 7.



5. Software keamanan

Karena adanya perubahan kernel di Windows 7 yang dirancang agar lebih aman maka kemungkinan software-software antivirus, antispyware, firewall yang kita miliki di Windows XP kemungkinan tidak akan berjalan di Windows 7. Tapi jangan khawatir karena firewall di Windows 7 lebih baik dibanding firewall di Windows XP dan juga Microsoft telah menyediakan software keamanan gratis seperti Windows Defender dan Microsoft Security Essentials.


sumber : www.erakomputer.com

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes